Skip to main content

8 Perbedaan WhatsApp Biasa dan WhatsApp Business

Alt Text!
Apa perbedaan WhatsApp biasa dengan Whatsapp bisnis? Meskipun WhatsApp bisnis versi beta sudah diluncurkan sejak tahun kemarin, namun ternyata masih ada pengguna yang belum memahami perbedaan antara aplikasi whatsapp bisnis dengan whatsapp biasa. Bagi Kamu yang ingin mencoba menggunakan aplikasi WhatsApp bisnis, sebaiknya ketahui dahulu beberapa perbedaan antara aplikasi WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger. 

Seperti namanya, WhatsApp bisnis ini menyasar kalangan pebisnis, mulai dari UKM hingga perusahaan besar. Bagi Kamu seorang pebisnis, menggunakan aplikasi WhatsApp Business bisa menjadi salah satu pilihan untuk lebih dekat dan lebih komunikatif dengan konsumen 

Berikut Perbedaan WhatsApp biasa dengan Whatsapp bisnis

1. Perbedaan Logo 

WhatsApp Business menggunakan logo berupa huruf kapital "B" dengan latar warna hijau khas WhatsApp. Logo ini berbeda dengan dari logo aplikasi WhatsApp biasa yang memakai logo gambar telepon. 

2. Informasi Detail Profil Perusahaan

WhatsApp Bisnis mewajibkan Kamu untuk mengisi detail informasi profil perusahaan. Kamu bisa memberikan informasi waktu layanan, deskripsi hingga alamat perusahaan. Sayangnya, untuk bagian nama perusahaan, WhatsApp bisnis  tidak memperbolehkan untuk diubah setelah kamu memasukkannya pertama kali. 

3. Dapat menggunakan dan menambahkan nomor telepon rumah atau kantor 

WhatsApp Business memungkinkan kamu untuk menambahkan nomor telepon perusahaan di samping nomor telepon ponsel yang didaftarkan, hal ini berbeda dengan WhatsApp biasa yang hanya dapat menambahkan nomor ponsel. Nomer yang digunakan sebaiknya permanen dan tidak gonta ganti. Anda dapat menggunakan WhatsApp Business dan WhatsApp biasa dalam satu perangkat Android yang sama, namun Anda harus menggunakan nomor yang berbeda untuk masing-masing aplikasi tersebut. 

4. Terdapat fitur Auto Reply

Dengan fitur ini Anda dapat mengatur balasan otomatis jika mendapat pertanyaan dengan format yang sama dari konsumen. Fitur ini tentu tidak Anda temukan jika menggunakan Whatsapp biasa. Anda juga dapat mengatur pengiriman pesan otomatis untuk menyambut konsumen baru, selain itu juga dapat mengatur jadwal untuk mengirim balasan otomatis untuk jam dan hari tertentu

5. Terdapat statistik pesan terkirim dan diterima 

Dengan Whatsapp business, Anda bisa melihat statistik pesan terkirim dan pesan yang diterima. Fitur ini tidak didapatkan di WhatsApp biasa dimana seringnya, pengguna justru menyembunyikan informasi jika pesan telah dibaca.

6. Bisa memilih kategori bisnis

Selain menginformasikan profil perusahaan, seperti jam operasional, situs resmi, dan lokasi, Anda juga bisa memilih kategori bisnis yang tersedia. WhatsApp Business mewajibkan kamu untuk mengisikan detail informasi profil perusahaan. Kamu bisa memberikan informasi waktu layanan, deskripsi hingga alamat perusahaan. Sayangnya, untuk bagian nama perusahaan, WhatsApp Business tidak memperbolehkan untuk diubah setelah kamu memasukkannya pertama kali.Tidak hanya perusahaan besar, WhatsApp Business juga terbuka untuk UKM dan usaha kecil lainnya. Jika kategori bisnis tidak terdapat di pilihan yang tersedia, Anda bisa memilih kategori "Others". 

7. Tanda Verifikasi

Tidak seperti WhatsApp biasa yang tidak ada proses verifikasi, WhatsApp Business akan melakukan verifikasi pada akun pebisnis. Berbeda dengan lencana centang biru pada akun terverifikasi di Instagram atau Twitter, akun yang telah diverifikasi oleh WhatsApp Business akan diberikan centang berwarna hijau. Jika Anda melihat lencana hijau di sebelah nama kontak, itu berarti WhatsApp telah memverifikasi jika nomor tersebut adalah benar milik perusahaa

8. Mengkategorikan pesan masuk menggunakan "Labels" 

Fitur ini merupakan fitur baru yang sebelumnya belum ada di versi beta. Dengan "Labels", pebisnis bisa mengkategorikan pesan masuk tertentu sehingga komunikasi dengan konsumen lebih terorganisir.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar